Sunday, August 16, 2015

Tentang processor 32 bit dan 64 bit

Apa yang dimaksud dengan 32 bit atau  64 bit sebenarnya mengacu pada pcessor arcitecture nya yaitu kemampuan processor dalam pemrosesan data. Kata bit itu sebenarnya kepanjangan dari binari digit atau digit binner. Digit binner adalah digit yang dikenal oleh mesin komputer yaitu 1 dan 0 atau bisa di katakan 1 berarti on atau menyala dan 0 berarti off atau padam pada sebuah saklar. Dalam  8 buat bit mengacu paada 1 byte. Perhatikan beda istilah bit dan byte.

Processor 32 bit berarti processor tersebut memiliki pengelolaan data selebar 32 bit, begitu pula yang 64 bit. pengaruh dari bedanya besaran tersebut kemampuan dalam pemrosesan data. Untuk 32 bit angka yang dapat diolah adalah sebesar 2^32 atau antara 0 hingga 4.294.967.295 lalu untuk processor yang 64 bit angka yang dapat di olah adalah 2^64 atau antara 0 hingga 18.446.744.073.709.551.615. Akan tetapi sampai disini kita tidakdapat menarik kesimpulan tentang perbedaan bit pada processor hanya berdasarkan jumlah-jumlah tersebut. Dan yang membedakan antara keduanya juga bukan hanya hal tersebut.





Pengaruh yang signifikan ialah pada register. Register merupakan unit penyimpanan data terkecil di dalam CPU. Register pada sebuah processor berdiri pada tingkst tertinggi dalam hierarki memori, yang artinyakeceparan aksesnya yang paling cepat (dibandingkan pada RAM, Cache maupun HDD) meskipun kapasitasnya paling kecil. Pada CPU, register terdiri dari beberapa macam, misalkan sebagai berikut :
  • Register data > untuk menyimpan bilangan bulat.
  • Register alamat atau address > untukmenyimpan alamat memori atau untuk mengakses alamat di memmori RAM.
  • Register general purpose > untuk menyimpan angka dan alamat memori.
  • Register floating point > digunakan untuk menyimpan bilangan pecahan.
  • Register konstanta > merupakan register yang read only, untuk menyimpan nilai nilai yang pasti, seperti phi, null, thrue.
  • Register vector > untuk menyimpan data internal processor.
  • Register special purpose > fungsi sama dengan register vector yaitu untuk menyimpan data internal processor

Salah satu dari kegunaan register adalah Saat processor memerlukan untuk melakukan operasi aritmatika. Nilai-nilai yang hendak di proses akan disimpan terlebih dahulu pada register (misalnya pada register data atau register general purpose), demikian jugadari hasil operasi tersebut,akan diletakkan pada register. Register pada processor 64 bit tentu akan menghasilkan presisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan processor 32 bit, terutama untuk bilangan pecahan atau yang memiliki angka di belakang koma.

Pengaruh lainya adalah pada pengalamatan  (addressing). Salah satu register untuk penunjuk pada alamat tertentu di dalam memmori adalah register alamat. Pada arsitektur32 bit, alamt memori yang dapat ditunjuk ialah sebesar 2^32 alamat yang unik (yaitu 4GB). Sehingga prosesor ini hanya dapat mengacu pada RAM dengan maksimal kapasitas 4GB saja, meskipun memori RAM yang terpasang melebihi kapsitas tersebut tetap saja yang terbaca hanya maksimal 4GB. Jadi penambahan memori diatas 4GB menjadi tidak berguna pada processor 32 bit.

Untuk processor 64 bit, pengelolaan memorinya dapat dilakukan hingga 2^64 atau 16 Eksa Byte (lebih dari 16 milyar GB). Namun secara physical memori maksimum kapasitas adalah 4TB, ini pada OS Windows Server.

No comments: